Karir Sempurna dengan Mengenal Potensi Diri

Tidak ada komentar

Apa yang ada dalam dirimu? Potensi diri erat kaitannya dengan kebiasaan atau kesukaan seseorang. Seperti hobi atau kegiatan yang kamu suka saat melakukannya, hal itu bisa ditingkatkan dari yang bersifat personal menjadi sesuatu yang bisa ditawarkan di dunia profesional. Semua bisa dikembangkan asal ada kemauan dan keseriusan dalam diri.

Sebelum membahas lebih banyak tentang pengembangan diri, ada baiknya kamu mengetahui apa arti dari pengembangan diri itu sendiri. Dilansir dari Cambridge Dictionary,  pengembangan diri berarti proses di mana seseorang tumbuh atau berubah dan menjadi lebih maju melalui usaha mereka sendiri.

Melalui pengertian diatas, kita bisa memahami bahwa untuk memulai proses pengembangan diri, kamu harus mengenal diri terlebih dahulu dan mengetahui bagaimana rencanamu untuk bisa lebih maju.

potensi diri (unsplash.com)
potensi diri (unsplash.com)

Menemukan Potensi Diri 

Seseorang yang mengetahui apa potensi dirinya cenderung mudah untuk menentukan jalan karir mereka. Bekerja di tempat yang kamu nikmati adalah sesuatu yang bagus, karenanya kamu bisa meningkatkan kepuasan dan produktivitas dengan baik.

Kalau begitu, bagaimana cara menemukan potensi diri yang tepat? Simak caranya dibawah.

1.      Self-Assesment

Saat ini tersedia berbagai tes kepribadian di internet, ada yang gratis ada juga yang berbayar, ada yang di web atau aplikasi. Manfaatkan hal itu, kamu bisa menjadikannya sebagai patokan.

Kamu juga harus bisa mencocokan tes dengan dirimu, seperti apakah pekerjaan cocok untukku? Atau apakah aku bisa mempelajari dan menjadi yang terbaik di bidang yang aku pilih?

2.      Eksplorasi diri

Setelah mengambil tes kepribadian, jangan lupa untuk mengeksplor diri sendiri. Caranya bisa dengan mecoba berbagai hal seperti melukis, menulis atau mulai belajar pemrograman. Rasakan kegiatan apa yang paling kamu sukai dan kamu merasa enjoy saat melakukannya.

Bagaimana sih rasanya saat kamu menikmati dan menyukai kegiatan tertentu? Tentu saja saat kamu terus penasaran dengan hal tersebut, kamu tidak keberatan untuk terus mempelajarinya dan tanpa sadar kamu sudah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengerjakannya. Kamu juga merasakan suatu perasaan bahagia atau puas saat mengerjakannya.

3.      Refleksi diri

Luangkan beberapa jam untuk merenungkan dan melakukan percakapan dengan diri sendiri. Bentuk refleksi ini bermacam-macam, kamu bisa melakukannya sambil merenung atau kamu juga bisa melakukannya dengan menulis.

Setiap pagi saja cobalah untuk mengosongkan pikiranmu sebentar dan isi lah dengan pertanyaan seperti, apa yang mau aku kerjakan? Apa yang ingin aku beri? Apa yang membuatku senang?. Kamu juga bisa menulisnya dan juga untuk menuliskan alasan kenapa kamu ingin melakukan hal tersebut.

4.      Berani keluar dari zona nyaman

Jangan takut dan coba keluarlah dari zona nyamanmu. Cobalah untuk mencoba berbagai peran, misalnya pada awalnya kamu takut untuk berbicara di hadapan banyak orang, takut memulai pembicaraan, takut presentasi, sekarang lakukanlah perlahan saja beranikan dirimu untuk tampil dan lantangkan suaramu.

Dengan mencoba hal-hal baru kamu mungkin bisa menyadari kekuatan tersembunyi yang ada dalam dirimu yang pada awalnya tidak kamu sadari.

Beberapa hal memang harus agak dipaksa dan ditarik agar bisa keluar. Kamu perlu memberanikan diri untuk bisa mencoba berbagai hal, jangan takut gagal karena kegagalan adalah hal yang pasti terjadi, justru karena adanya kegagalan kamu bisa terus mendorong dirimu agar terus belajar dan menghindari kesalan yang lalu.

Memaksimalkan Potensi Diri

Potensi Diri
bekerja (unsplash.com)

Setelah kamu mengetahui apa potensimu, kamu harus segera meningkatkannya agar sesuatu yang kamu pelajari bisa kamu gunakan secara maksimal di kemudian hari. Jangan lupa juga untuk mencari tahu bagaimana semangat mempertahankan potensi itu bisa terus menempel pada dirimu.

Simak cara dibawah.

1.      Tetapkan tujuan yang jelas

Tanpa tujuan yang jelas akan sulit bagimu untuk terus mempertahankan semangatmu seperti saat awal kamu mempelajari hal baru. Mengetahui tujuan yang jelas juga dapat mempertahankan semangatmu untuk terus belajar dan melaju menuju karir impianmu.

Kamu bisa membuat jadwal harian, tidak perlu terlalu lama 2-3 jam sehari cukup untuk mempelajarinya. Kuncinya adalah konsisten dan disiplin diri.

2.      Tidak lelah belajar

Kamu mungkin juga sudah tahu, bahwa proses untuk menjadi ahli untuk membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Malcolm Gladwell mengatakan dalam salah satu karangannya “ Seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu yang diinginkan setelah dia melaukan dan mempelajarinya dalamwaktu 10.000 jam”. Kamu perlu waktu 4.5 tahun untuk memenuhi 10.000 jam itu jika kamu meluangkan 6 jam/hari untuk mempelarinya. Wow…waktu yang cukup lama bukan.

3.      Membaca banyak buku

Membaca buku tentu saja dapat meningkatkan pengetahuanmu dalam berbagai hal. Membaca juga dapat melatih otak untuk bisa terus fokus. Membaca buku itu rasanya seperti kamu mendapat masukan dari orang lain, kamu juga berkesempatan untuk belajar dari pengalaman si penulis.

Luangkan saja waktumu selama satu jam perhari untuk membaca buku, pilih waktu yang tenang agar kamu bisa fokus sepenuhnya kepada bacaanmu.

4.      Gunakan waktu dengan efektif

Meningkatkan progres dan mendapat hasil dari latihan sehari-harimu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tapi kamu juga tetap harus menggunakan waktu yang ada dengan baik dan seefektif mungkin. Mungkin ini bisa membuka peluang lebih besar untuk kamu bisa mendapatkan hasil dari latihanmu lebih cepat.

Kenali waktu produktif harianmu, apakah kamu morning person atau night owl? Apakah kamu lebih nyaman bekerja di siang atau sore hari atau dalam situasi apa yang lebih membuat semangat? Kamu harus mengetahui hal-hal itu agar kamu juga lebih nyaman menjalani keseharianmu. Kamu bisa mengetahui hal ini secara perlahan, tidak perlu terburu-buru.

Mencapai karir yang sempurna perlu waktu

Potensi Diri  Karir
jam (unsplash.com)

Diatas sudah banyak disinggung kalau semua hal membutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai keahlianmu matang dengan sempurna. Di tengah perjalanan mungkin kamu akan bosan dan lelah, tapi tak masalah itu wajar dialami oleh manusia normal, ya kita kan bukan robot. Yang penting adalah kamu mau terus belajar untuk mengembalikan mood dan semangatmu untuk kembali mengahadapi aktivitas harian.

Mencapai karir yang sempurna juga bukan hal yang mudah, kamu akan melawan waktu, lingkungan, orang sekitarmu dan tantangan terbesar adalah dirimu sendiri. Apa kamu siap untuk setidaknya merasa sakit dan kelelahan di masa muda? Apakah kamu siap untuk disiplin pada diri sendiri untuk tidak keluar dari tujuan akhirmu? Semuanya tergantung padamu.

Dan perlu kamu ketahui, pengembangan diri adalah proses yang dilakukan terus-menerus atau tanpa henti. Berapapun usiamu, dimanapun tempatmu bekerja, kamu akan dihadapkan dengan sesuatu yang mengharuskanmu untuk terus belajar. Setiap langkah yang kamu ambil sangat berguna untuk menopang masa depanmu.

Pengembangan diri adalah investasi terbaik yang imbalannya adalah masa depanmu yang cemerang dan hidupmu yang terus membaik dan lebih baik lagi.

 

 

 


Komentar