8 Strategi Meningkatkan Fokus Saat Belajar di Era Digital

Tidak ada komentar

Belajar bukan hanya sekedar duduk berlama lama di meja sambil membuka buku, tapi belajar adalah sejauh mana kamu bisa memahami dan mengambil pelajaran dari bahan yang sedang kamu pelajari. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, kamu memerlukan fokus yang tinggi supaya waktu belajar yang kamu gunakan tidak sia-sia. Namun di era digital saat ini, dengan adanya smartphone, sosial media, pikiran yang mudah melayang kemana-mana, sulit rasanya untuk mempertahankan fokus secara maksimal. Maka dari itu, simak artikel di bawah sampai selesai agar kamu tahu cara meningkatkan fokus saat belajar

cara meningkatkan fokus saat belajar
belajar bersama (pexels.com/cottonbro studio)


Cara Meningkatkan Fokus Saat Belajar


  1. Buat jadwal belajar spesifik

Membuat jadwal memungkinkan kamu untuk bisa tetap disiplin dan fokus pada materi yang akan dipelajari. Selain itu, jadwal belajar juga membuat kamu lebih mudah mengatur waktu secara efektif.

Saat kamu mulai membuat jadwal, jangan lupa untuk mengatur jadwalnya di jam-jam emasmu, bisa saja di pagi hari, sore ataupun malam. Jangan lupa juga untuk membuat jadwal secara spesifik agar saat waktu belajar kamu tidak bingung akan membuka buku atau halaman yang mana.

  1. Hindari multitasking

Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu adalah musuh dari fokus itu sendiri. Karena saat multitasking otak kamu akan kesulitan melihat mana yang penting dan akhirnya hasil belajarmu tidak maksimal. Hindari membuka banyak tab di satu waktu atau membuka banyak aplikasi elektronik saat kamu belajar.

  1. Gunakan teknik pomodoro

Teknik pomodoro memungkinkan seseorang untuk bisa fokus saat belajar dan tidak lupa diselingi oleh istirahat. Kamu bisa menggunakan timer digital atau aplikasi yang bisa membantumu menghitung waktu selama setidaknya 25 menit untuk belajar dan 5 menit waktu istirahat. Ulangi hal tersebut selama setidaknya 4 putaran, lalu berikan istirahat panjang selama 10 menit. Teknik ini terbukti efektif dan digunakan oleh banyak pelajar karena membantu menjaga stamina mental dan mencegah kelelahan yang menyebabkan fokus hilang.

  1. Menghilangkan sumber distraksi

Walaupun distraksi setiap orang berbeda beda, tapi distraksi terbesar saat ini adalah smartphone dan segala macam hal yang ada di dalamnya. Matikan notifikasi di dalamnya dan simpan berbagai macam sumber distraksi mu di tempat yang sulit dijangkau saat belajar. Kamu juga bisa menitipkannya kepada anggota keluarga yang lain. Jadi apa nih distraksi terbesarmu? jangan lupa disembunyikan dulu ya saat waktu belajar.

  1. Ciptakan suasana belajar yang kondusif

Suasana yang tenang adalah tempat yang baik untuk belajar apalagi buat kamu yang mungkin mudah teralihkan fokusnya. Suasana yang tenang dan nyaman juga bisa membantu meningkatkan fokus saat belajar. Jika perlu, kamu juga bisa memakai earphone untuk memblokir suara yang mengganggu.

  1. Melatih fisik dengan berolahraga

Mengutip dari website Young On Top menyebutkan bahwa olahraga dapat meningkatkan fokus. Hal itu karena saat olahraga aliran darah meningkat dan membantu oksigen sampai ke otak. Selain itu, olahraga juga dapat membantu merangsang hormon hormon positif seperti serotonin dan endorfin serta membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat memecah fokus.

Olahraga yang direkomendasikan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus adalah bersepeda, yoga, aerobik, dan jogging. Olahraga ini dapat dilakukan seminggu tiga kali atau bila perlu lakukan setia agi untuk menjaga mood baik sepanjang hari dan membentuk kebiasaan sehat.

  1. Dapatkan tidur yang cukup

Kekurangan waktu tidur dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan fokus. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan tidur yang cukup saat malam hari selama 7-8 jam. Selain itu, pastikanlah bahwa kamu dapat tidur dengan nyenyak dan ciptakan suasana malam yang tenang dan nyaman.

  1. Manfaatkan teknologi

Walaupun dijadikan sebagai sumber distraksi, tapi ternyata teknologi bernama smartphone itu dapat membantu untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Karena bagaimanapun teknologi sudah menjadi bahan sehari-hari kita. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat menjaga fokus selama belajar yang bisa kamu dapatkan secara mudah dengan mendownloadnya di play store.

Belajar adalah sesuatu yang harus kita lakukan sampai akhir hayat. Meningkatkan fokus untuk belajar juga adalah suatu keharusan di era yang serba digital ini karena menimbulkan distraksi yang beragam dan candu. Dengan menggunakan strategi yang sesuai, kamu bisa mengoptimalkan proses belajar dan mendapatkan kesuksesan. Jadikan teknologi sebagai alat membantu, bukan penghalang di dalam perjalanan belajarmu. Selamat belajar!


Komentar