5 Cara Melatih Produktivitas

Tidak ada komentar

 Kamu pasti tahu bahwa kita hanya memiliki beberapa jam saja dalam sehari untuk bisa melakukan sesuatu, salah satu skill atau kemampuan yang harus kamu kuasai adalah manajemen waktu yang baik. Dalam urusan pribadi atau profesional, manajemen waktu sangat diperlukan.

produktvitas di tempat kerja
unsplash.com

Apa itu Produktif

Menjadi produktif  adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin bukan berapa lama kamu mengerjakan sesuatu. Menurut KBBI, produktivitas berarti kemampuan menghasilkan sesuatu. Sedangkan secara umum, produktif bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang, kelompok atau perusahaan untuk bekerja secara efisien dalam kurun waktu tertentu.

Produktif bisa ditentukan oleh banyak faktor seperti motivasi diri, lingkungan, tujuan individu bahkan latar belakang pendidikan. Kemampuan seseorang untuk mengoptimalkan waktu memang berbeda-beda, tapi itu semua bisa dilatih. Seirimg berjalannya waktu kamu pasti bisa memanfaatkan waktumu dengan lebih baik lagi.

Bagaimana jadinya kalau tidak produktif

Sangat jelas pengertian diatas menyebutkan bahwa menjadi produktif adalah menggunakan waktu yang ada seefisien mungkin. Tapi bagaimana jika kita tidak produktif? Menjadi peroduktif adalah pilihan setiap orang. Mereka yang punya tujuan dan mimpi pasti punya keinginan untuk mewujudkannya, mereka juga pasti akan mencari berbagai cara untuk bisa meraih mimpi serta tujuannya.

Jika kamu orang yang ingin meningkatkan produktivitas, ikuti tips berikut

  • Tidur teratur

Bosan kah dengan pernyataan satu ini? Tidur yang cukup seringkali dibahas di berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan diri, tak terkecuali di artikel ini.

Pada nyatanya, tidur yang cukup memang mempengaruhi produktivitas seseorang. Otak dan tubuh membutuhkan istirahat untuk kembali meningkatkan memori, kreatvitas dan konsentrasi.

Memforsir tubuh terus menerus tanpa istirahat di malam hari sangat berisiko karena hal ini bisa menurunkan konsentrasi terkadang juga menyebabkan keputusasaan dan lelah berkepanjangan. Jadi, maksimalkanlah waktu istirahat di malam hari dengan cara tidur yang cukup dan berkualitas.

  • Jauhkan diri dari gadget

Di dunia yang serba instan ini, rasanya sulit untuk kita bisa fokus hanya pada satu layar saja. Keinginan untuk multitasking seperti ini harus dihindari.

Selain keinginan untuk multitasking di beberapa layar ini, handphone juga bisa menganggu produktivitas karena notifikasi yang tak hentinya muncul. Jadi, selain menjauhkan gadget kamu juga bisa mencoba untuk mematikan notifikasi yang masuk.

  • Tetapkan tujuan yang jelas

Di atas ssudah disinggung bahwa mereka yang punya tujuan pasti punya keinginan untuk mewujudkan keinginan tersebut. Menetapkan tujuan yang jelas sangat penting untuk produktivitas karena darisini kita bisa memetakan keseharian dan meberi motivasi saat jalan di tengah terasa membosankan.

Buat kamu yang masih belum tahu apa tujuanmu, segeralah cari tahu apa tujuanmu agar hidupmu juga bisa ikut tertata.

  • Memanfaatkan pagi hari

Setiap orang memang punya waktu andalan mereka untuk melakukan sesuatu, tapi kamu harus mencoba untuk memprioritaskan beberapa pekerjaan di pagi hari seperti hobi atau kebiasaan-kebiasaan yang ingin kamu lakukan.

Itu karena di pagi hari kamu masih dalam keadaan fokus tanpa gangguan apapun. Melakukan journaling atau meditasi di pagi hari tentunya sangat baik. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pekerjaan prioritasmu di pagi hari.

  • Menata ruangan

Kamu mungkin memiliki tempat favorit untuk bekerja, dimana di tempat itu kamu bisa bekerja dan berkonsentrasi dengan baik. Tapi bagaimana jika tempat itu berada jauh dari rumah dan saat itu kamu tidak bisa pergi kesana? Jawabannya adalah coba tata ruanganmu seperti tempat favoritmu.

Misalnya kamu suka bekerja di kafe, buatlah kopi dan gunakan aroma kopi di ruanganmu, selain itu pastikan juga ruangan atau kamarmu tidak diganggu oleh orang lain.

Intinya, pastikan kegiatanmu terarah menuju hal yang ingin kamu lakukan. Kamu harus mengetahui tentang dirimu sendiri, tahu jam efektifmu, tujuanmu bahkan jadwal harianmu. Lakukanlah sedikit demi sedikit, sambil berjalan kamu pasti makin tahu dengan apa yang dibutuhkan oleh dirimu sendiri.


Komentar