Gunakan Cara Ini Agar Tetap Fokus

Tidak ada komentar

 

fokus pada pekerjaan
Fokus (unsplash.com)

Fokus untuk mengerjakan satu hal memang cukup sulit untuk dilakukan. Beberapa orang mengatakan seseorang bisa bertahan untuk fokus itu hanya sekitar 90 menit, itu pun harus ada break atau istirahat. Apalagi di era saat ini yang semuanya serba digital, kita tinggal di dunia yang berisik dimana mudah untuk terdistrak oleh sesuatu dan menghilangkan fokus dalam sekejap mata.

Apa itu fokus

Sebelum melangkah lebih jauh, lebih baik kamu tahu apa arti dari fokus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia fokus berarti pusat atau memusatkan perhatian, selain itu para ahli menyebutkan fokus sebagai tindakan memusatkan minat atau aktivitas pada sesuatu.

Untuk bisa tetap fokus, kamu harus berkonsentrasi pada satu hal dan mengabaikan banyak hal lainnya. James clear penulis 'Atomic Habits' mengatakan di salah satu artikelnya fokus hanya bisa terjadi saat kamu mengatakan ‘ya’ pada satu pilihan dan mengatakan ‘tidak’ pada pilihan yang lainnya.

Kamu masih bisa mengerjakan hal lainnya, tapi setelah pilihan yang menjadi prioritasmu terpenuhi. Maksudnya, lakukan kegiatan satu persatu, hindari multitasking.

Kenapa aku sulit untuk fokus

Ada beberapa hal yang membuatmu kesulitan untuk berkosentrasi pada satu kegiatan. Biasanya kegiatan itu terlalu membosankan atau terlalu sulit.

Saat mengerjakan sesuatu tentu saja kita akan lebih condong pada sesuatu yang menyenangkan, selain itu alasan kenapa kamu cepat beralih pada hal lain adalah karena kesulitan melalukakan hal tersebut, ini bisa terjadi karena kamu merasa frustrasi karena terlalu memikirkan pekerjaan itu dalam waktu yang lama.

Alasan lainnya adalah multitasking, ini alasan yang cukup sering didengar. Multitasking berarti melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Otak kita dirancang hanya untuk mengerjakan satu perkejaan saja. Efek dari multitasking lainnya adalah pekerjaan yang kamu lakukan tidak akan selesai dengan sempurna dan baik.

Bagaimana cara untuk tetap fokus

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan dan biasakan untuk bisa tetap fokus untuk mengerjakan sesuatu. Beberapa cara itu ada di tulisan ini

  • Simpan handphone jauh-jauh

Memang ada banyak distraksi saat ini, tapi tentu saja kamu tidak bisa mengabaikan distraksi yang diakibatkan oleh handphone.

Saat mengerjakan suatu pekerjaan, simpanlah handphone di tempat yang tidak terlihat atau tidak bisa kamu capai untuk sementara waktu. Beberapa orang malah tidak bisa menahan diri, hanya dengan melihat layar handphone mereka segera mengambil dan melakukan berbagai aktivitas di handphone dan akhirnya malah menunda pekerjaan yang ada.

Selain menaruhnya di tempat lain, kamu juga bisa sementara menonaktifkan notifikasi atau mengaktifkan airplane mode. Notifikasi yang muncul mungkin dapat menganggu konsentrasi dengan cepat, jadi untuk antisipasi lakukanlah hal tersebut.

  • Tata ruangan

Ruangan yang kotor dan berantakan sangat mudah merusak fokus, hal itu dikarenakan barang-barang kecil bisa mengalihkan pandanganmu dalam sekejap. Ruangan yang berantakan juga terkadang membuatmu tidak betah dan tidak nyaman.

Sebelum memulai suatu pekerjaan, biasakanlah untuk membersihkan meja terlebih dahulu dan pastikan yang ada diatas mejamu adalah barang-barang yang memang sedang kamu butuhkan.

  • Latih fokus dengan meditasi

Mengutip dari Kementerian Kesehatan meditasi memiliki arti yang dilakukan dengan cara duduk pada posisi nyaman dengan mata tertutup, serta menitikberatkan fokus mental pada pernapasan, suatu persepsi mental, atau repetisi dari suatu kata/kalimat yang memiliki makna positif.

Meditasi dapat membantumu untuk melatih fokus dan konsentrasi, itu karena saat bermeditasi kita dituntut untuk fokus pada pikiran selama waktu yang telah ditentukan.

Selain meningkatkatkan fokus, meditasi juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mental, jadi ini patut kamu coba dan praktekan setiap hari.

Distraksi adalah sesuatu yang harus kamu sadari dan kontrol. Menghilangkan distraksi adalah solusi terbaik untuk bisa tetap fokus dan berkonsentrasi penuh untuk melakukan pekerjaan, jangan lupa untuk melakukan istirahat di sela-sela pekerjaanmu.


Komentar