5 Hal yang Membuatmu Sulit Berkembang

Tidak ada komentar

kesulitan untuk berkembang
unsplash.com

Manusia pasti berkeinginan untuk menjadi yang terbaik di hidupnya. Kamu juga pasti merasa dan mengalami hal tersebut, keinginan untuk selalu melakukan hal positif dan mendapatkan hasil yang  baik setelahnya.

Tapi apakah kamu tahu? Menjadi produktif dan berkembang adalah hal yang cukup sulit dilakukan apalagi direalisasikan secara konsisten. Berbagai artikel bahkan video dicari demi mendapatkan hidup yang produktif dan berhasil. Namun, hasilnya masih nihil. Kamu mungkin masih merasa malas dan merasa tidak ada kemajuan di hidupmu. Kamu membutuhkan tekad dan niat yang kuat agar kamu bisa fokus dan mencapai hasil akhir yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk mengetahui penyebab seseorang sulit berkembang agar kamu bisa menghindarinya. Kalau kamu sudah merasakan hal itu juga, kamu bisa segera introspeksi dan mulai untuk melangkah lagi.

Kenali alasan seseorang sulit berkembang dibawah ini.

  • Tidak mau keluar dari zona nyaman

Alasan ini pasti ada di setiap topik yang membicarakan tentang pengembangan diri. Tidak mau keluar dari zona nyaman adalah bencana, karena sulit bagimu untuk bergerak dan bertumbuh jika berada di posisi yang tidak baik untukmu.

Berani keluar dari zona nyaman adalah suatu kunci untuk bisa melangkah dan melihat sisi lain dalam dirimu, kamu juga berkesempatan untuk mengenal dunia baru yang sebelumnya belum kamu ketahui. Jadi, beranikan diri untuk mengenali zona nyamanmu dan keluar dari sana, lakukan secara perlahan dan pasti.

  • Tidak mengenal diri sendiri

Mengenal diri tidak hanya dibutuhkan di dunia profesional, karena ini juga dapat membantumu dalam hal personal. Mengetahui dan mengenal diri itu penting, kamu butuh belajar untuk mendapatkan sesuatu atau mencapai goal yang kamu inginkan.

Nah, di proses belajar ini kamu harus mengenal diri sendiri, seperti hal nya mengetahui gaya belajar, waktu belajar yang cocok denganmu, apakah kamu seorang morning person atau night owl, suasana belajar seperti apa yang kamu sukai? belajar sendiri atau berkelompok, dan masih banyak yang lainnya.

Tapi itu hanya sebagian saja, masih banyak kegunaan lain dari mengenal diri sendiri. Analisis atau coba cek kepribadianmu di website yang saat ini sudah banyak tersedia di internet dan jadikan itu sebagai acuan untukmu.

  • Tidak punya ilmu

Apakah kamu pernah merasa malas belajar karena tidak tahu apa yang dipelajari? Ketidaktahuan adalah salah satu alasan kenapa kamu sulit berkembang. Karena seperti alasan di atas, saat kamu tidak mengetahui apa yang ingin kamu pelajari kamu akan merasa malas duluan.

Di jaman sekarang, sangat mudah bagimu untuk mengakses berbagai pembelajaran, mau itu gratis atau berbayar. Kamu hanya memerlukan akses internet dan handphone untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu. Jadi jangan malas, karena saat ini kita sudah mendapatkan banyak kemudahan.

  • Terlalu banyak mencari tahu

Selain tidak punya ilmu, ternyata kebanyakan ilmu juga bisa membuatmu malas dan sulit berkembang lho. Itu karena saat kamu mendapat banyak informasi, kamu bisa merasa bingung dengan apa yang harus dilakukan. Setiap orang memilki cara masing-masing untuk belajar, sedangkan kamu mencari tahu cara semua orang, sudah pasti nanti kamu kebingungan mana yang lebih baik untuk dilakukan. Saat seperti ini, biasanya kamu malah malas untuk melakukannya.

Jadi, pilih saja satu cara atau platform untuk mempelajari hal yang kamu inginkan. Saat kamu sudah merasa cukup matang, kamu bisa coba mempelajari cara lain yang mungkin lebih mudah.

  • Tidak punya tujuan yang jelas

Kamu tidak tahu kemana harus pergi, hasilnya kamu malah muter-muter di tempat bahkan kesasar ke tempat lain.

Ketahui tujuanmu untuk mencapai sesuatu, tujuannya harus kuat ya. Karena tujuan ini yang nantinya menjadi acuan dan motivasi saat kamu sedang berada dalam masa sulit.

Nah, itulah hal-hal yang membuat seseorang tidak produktif dan sulit berkembang. Semoga kamu tidak termasuk kepada golongan orang-orang tersebut dan jika kamu keburu ‘nyemplung’ kesana segeralah introspeksi diri, dan mulailah melangkah kembali.


Komentar