Mencapai Kesuksesan di Era Digital

Tidak ada komentar

mencapai kesuksesan
pexels.com/sukses di era digital

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan para motivator atau influencer yang mengatakan “yang penting itu skill, jangan lupa bangun personal branding dan membuat portofolio” dari perkataan itu mungkin sudah bisa kita simpulkan bahwa di zaman sekarang, tidak cukup kalau kita hanya mengandalkan latar belakang pendidikan, pengalaman atau CV. Jika kita hanya mengandalkan hal tersebut tanpa adanya skill yang mumpuni, jelas kita akan tertinggal.

Dalam mencari pekerjaan pun, saat ini sudah banyak orang yang beralih ke bidang digital karena banyak orang beranggapan bahwa hal itu lebih menguntungkan dan mudah dicari di zaman sekarang, tapi memang benar anggapan tersebut tidak salah. Mungkin sudah banyak dari kita yang sudah tahu bahwa sangat mudah mencapai kesuksesan dan mencapai tujuan kita di era digital ini, para influencer yang gaji bulanannya mungkin sudah jauh melebihi pekerja kantoran, penjual di onlineshop yang pembelinya selalu ramai mungkin sudah punya pendapatan yang jauh lebih banyak daripada mereka yang hanya berjualan di pasar.

Di era digital ini semuanya serba mudah, semuanya bisa dipelajari. Tapi bagaimana sih cara memaksimalkan diri kita agar mudah mencapai kesuksesan di era digital ini? Simak artikel berikut.

1.       Komitmen secara tegas

Untuk mencapai kesuksesan, kita tidak bisa hanya  mengandalkan mimpi saja, tapi harus ada pergerakan. Agar kita bisa terus bergerak, tentunya kita harus punya tujuan yang jelas disertai dengan komitmen yang tegas. Komitmen pada diri sendiri sangatlah penting, karena ini yang akan menjadi penentu arah kita kedepannya dan bagaimana kita setelahnya.

2.       Sesuaikan dengan passion

Jika kita bekerja sesuai dengan passion, akan mudah bagi kita untuk terus melanjutkan apa yang sudah kita mulai. Contohnya, jika ada yang suka menggambar coba cari pelajaran yang berkaitan dengan menggambar misalnya, UI/UX Designer, Design Graphic dan lainnya, atau ada yang suka menulis, cari pelajaran seperti content writer, copywriting, translator, script atau lainnya. Setelah menentukan passion, jangan lupa untuk terus pelajari dan perdalam skill yang kita punya.

3.       Sesuaikan dan manfaatkan tool yang ada

Seorang graphic designer tentunya membutuhkan beberapa bantuan seperti ibispaint, photoshop, figma atau alat tempur lainnya seperti laptop dengan spek yang sesuai dengan seorang designer. Tapi apa jadinya jika kita belum mempunyai alat-alat tersebut? Tenang saja, tolong terus bergerak dan jangan terlalu memedulikan alat yang tidak ada, pakailah yang ada dulu, pelajari toolnya satu persatu dan terus-menerus, apapun keinginanmu nanti pasti akan segera terwujud.

4.       Ingin terus belajar

Terus belajar adalah salah satu kunci kesuksesan. Apapun tingkatanmu, posisikan selalu dirimu sebagai seorang pemula. Apalagi di era digital, perubahan dan perbaikan terjadi dengan begitu cepat, kalau tidak mau tertinggal, kita juga jangan mau ketinggalan dengan pelajaran terbaru yang selalu muncul. Adanya AI adalah salah satu wujud nyata perubahan tersebut. Saat munculnya AI lebih baik kita segera mempelajari cara kerjanya alih-alih menyalahkan kehadirannya yang mengancam posisi kita. Pelajari sesuatu yang baru apapun itu, karena adanya hal baru tersebut pasti punya banyak manfaat untuk kita.

5.       Jadikan skill sebagai habit

Maksudnya masukan skill kedalam jadwal harian kita. Ada kutipan “10.000 jam bisa menjadikan anda sebagai ahli”. Bagaimana kalau kita hanya mempunyai 3 jam sehari untuk mempelajari skill? Mungkin kita membutuhkan sekitar 7-8 tahun untuk menjadi seorang ahli. Benar-benar bukan waktu yang sebentar. Jika kita tidak menjadikan hal ini sebagai rtinitas harian, mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk kita bisa menjadi seorang ahli.

Itulah beberapa hal yang bisa mengantarkanmu menuju kesuksesan. Intinya adalah, jangan lupa untuk terus belajar. Sukses itu tentang aksi, bagaimana cara kita mencapainya, bagaimana cara kita meraihnya, itu yang penting. Jalani dan nikmati setiap prosesnya, jika kamu menikmatinya akan ada banyak hal yang datang yang mungkin melebihi ekspektasimu.

Komentar