Kegagalan: Kenapa Penting dan Bagaimana Cara Menyikapinya

Tidak ada komentar

 

pria mengalami kegagalan
pria mengalami kegagalan (pixabay.com)

Seringkali kita bertanya pada diri sendiri, kenapa aku gagal terus? Kapan aku bisa berhasil? Padahal kita juga sudah sering mendengar kalau kegagalan itu awal dari kesuksesan, tapi rasanya sulit untuk mempercayainya.

Ketika kegagalan menjadikan kita terpuruk, kecewa dan putus asa, hal itu hanya akan menjadikan hidup semakin kacau dan tidak ada kemajuan. Sebelum hal itu terjadi, penting bagi kita untuk menyikapi kegagalan dengan sesuatu yang positif dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai sahabat kehidupan.

Kenapa kegagalan penting

Keberhasilan seseorang adalah produk dari sebuah kegagalan. Maka dari itu

Kegagalan sebenarnya adalah suatu hal yang kita butuhkan

-Baca buku ini saat engkau gagal (Kinanti Linda)

Kegagalan adalah yang pasti kita lalui, gagal dalam pendidikan? Keluarga? Percintaan? Atau apapun yang mungkin sekarang sedang kita lalui. Tapi kenapa kegagalan itu ada dan penting? Padahal bagi kita yang mengalaminya, kegagalan tersebut sangat menyakitkan, sulit bagi kita untuk move on dari hal tersebut.

Mungkin kita bisa berkaca kepada para pengusaha yang berhasil. Mereka yang sekarang mungkin berbeda dengan mereka yang dahulu, mereka banyak mengalami kegagalan tapi dari sana mereka belajar bahwa ada satu atau bahkan banyak hal yang harus mereka perbaiki. Dari sana mereka belajar bahwa memilih partner bisnis itu penting, memilih tempat strategis, mengelola keuangan, mencari kompetitor, mengikuti pasar tren itu juga sangat penting. Mereka banyak belajar dari hal tersebut dan menjadikan mereka orang yang hebat serta sukses.

Kita juga harus bisa menyikapi kegagalan sebagai hal yang positif, wajar kita sedih atau menangis saat apa yang sudah kita usahakan dan prioritaskan ternyata hasilnya tidak sama seperti yang sudah kita pikirkan. Orang-orang banyak yang bilang hasil tidak akan mengkhiananti usaha, tapi ternyata kita malah mengalami sebaliknya.

Tulisan berikut akan menjabarkan kenapa kegagalan penting

Membangun ketahanan mental

Saat mengalami kegagalan banyak dari kita yang merasa down, tapi ternyata dari pengalaman ini mental kita diuji. Saat kita bisa menyikapi kegagalan dengan bijaksana dan tenang, hal itu akan membuat mental dan emosi kita lebih kuat. Mental yang kuat membuat seseorang tetap tegar menghadapi kehidupan dan melanjutkan usaha untuk mencapai tjuan-tujuan berikutnya.

Guru terbaik

Kegagalan dapat mengasah kemampuan kita untuk belajar. Kita juga sudah banyak mendengar bahwa pengalaman adalah guru terbaik, dari kegagalan tersebut pengalaman kita bertambah dan disaat itu pula kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan belajar juga ikut bertambah.

Membantu menentukan prioritas

     mungkin sebelum mengalami kegagalan kita masih belum memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai sesuatu. Tapi, saat kita sudah mengalami kegagalan barulah terasa apa yang sebenarnya ingin kita raih dan yang menjadi tujuan kita. Selain menentukan prioritas, kegagalan juga menjadikan kita lebih serius lagi dalam menggapai tujuan.

       Bagaimana Menyikapi Kegagalan secara Positif

Tapi bagaimana cara menyikapi kegagalan dengan baik agar kita tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan siap untuk menjemput kesuksesan yang mungkin sudah mulai tampak didepan mata? Jawabannya hanya identifikasi dan pelajari. Simpel tapi mungkin sulit untuk dipraktekkan, apalagi dalam situasi kita sedang tidak mood dengan banyak hal.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat kita gagal, yaitu.

  • Setelah mengalami kegagalan berikanlah waktu diri kita untuk beristirahat, renungkan apa penyebab dari kegagalan tersebut dan jangan lari dari kenyataan yang ada, kita harus mengakui bahwa diri kita telah gagal dan itu tak masalah. Setelah menemukan apa penyebabnya, jangan lupa untuk mencatatnya mennjadi poin-poin penting. Pemahaman yang baik tentang kegagalan membuat kita lebih siap dan bisa menghindar dari kesalahan yang sama di masa depan.·    
  • Jadikan kegagalan sebagai sebuah kesempatan. Ada banyak hal yang kita pelajari dari kegagalan, banyak kesempatan juga yang ditawarkan kegagalan untuk kita bisa terus tumbuh. Jangan sia-siakan kegagalan yang kita lakukan, karena sebenarnya kegagalan adalah sebuah anugerah dan penghargaan bagi kita yang sudah mencoba. Jadi, jangan takut lagi untuk mencoba hal lainnya dan buka kesempatan dan pengalaman baru.

Menghadapi dan mengalami kegagalan bukanlah hal yang menyenangkan. Tapi jika kita bisa mengambil sikap yang baik, ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita dapatkan dari kegagalan tersebut. Kegagalan dapat menjadi batu  loncatan menuju kesuksesan, pelajaran berharga yang bisa dipetik dari kegagalan membuat kita terus tumbuh dan berkembang. Kegagalan adalah sebuah kesempatan untuk memulai lagi dengan cerdas.

Komentar