Peran Penting Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Tidak ada komentar

 

Banyak cara untuk meningkatkan hidup kita agar tetap sehat, salah satunya dengan menjaga pola makan dan olahraga. Tapi tahukah kamu,kalau olahraga juga ternyata baik untuk kesehatan mental. Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat olahraga untuk kesehatan mental. 

Kegiatan fisik ini selain dapat membuat tubuh sehat dan bugar, tapi juga dapat melatih kepercayaan diri, meningkatkan kualitas tidur serta menguatkan mental. Manfaat ini tentu saja dapat dirasakan setelah rutin melakukan olahraga dan di barengi dengan gaya hidup sehat lainnya.

Kenapa olahraga penting untuk kesehatan mental? Saat olahraga tubuh melepaskan beberapa hormon seperti endorfin, serotonin dan dopamin. Hormon endorfin dapat memberikan efek pereda nyeri alami dan memberikan perasaan euforia. Selain itu dopamin yang selalu disebut happy hormone mampu meningkatkan mood. Ada banyak sekali manfaat olahraga, tapi bagaimana cara memulainya? simak caranya dibawah.




  • Tetapkan Target dan Jadwal
Untuk pemula, sebaiknya lakukan olahraga yang ringan dan bisa dilakukan sendirian. Kamu bisa melakukan olahraga selama 3x seminggu, tidak usah lama-lama 15-30 menit pun cukup dan tak perlu dipaksakan, karena olahraga yang berlebihan malah bisa memberi dampak buruk untuk kesehatan fisik dan mental.

  • Barengi dengan pola hidup sehat lainnya
Selain olahraga kamu juga bisa melakukan pola hidup sehat yang lain, seperi makan makanan yang bergizi, perbanyak makan buah dan sayuran serta banyak minum air putih. Pola hidup sehat seperti ini tidak hanya bagus untuk fisik tapi juga dapat memperindah fisik bahkan wajah dan kulit kita.
  • Komitmen untuk terus melakukannya
Manfaat olahraga tidak bisa dirasakan hanya sekali atau dua kali latihan saja. Jadikan olahraga sebagai habits kamu karena berbagai manfaatnya yang mengagumkan. Kamu bisa cari teman yang bisa diajak olahraga bareng dan bisa saling mengingatkan.

Manfaat olahraga yang banyak ini sayang sekali kalau dilewatkan, jadi jangan lupa untuk terus berolahraga ya. Agar mendapat manfaat yang maksimal untuk fisik serta mental memang satu-satunya jalan adalah dengan tetap konsisten, jadikan ini sebagai habits atau kebiasaan baikmu dan lakukanlah olahraga apapun yang kamu senangi.

Komentar