Saat Kehilangan Semangat dan Motivasi, Apa yang Harus Dilakukan?

Tidak ada komentar

 

kehilangan semangat dan motivasi


Apakah kamu pernah kehilangan semangat? Semuanya terasa melelahkan dan tidak menarik lagi. Kehilangan semangat bisa diartikan sebagai kondisi saat kamu kamu kehilangan gairah dan motivasi dalam hidup.

Kehilangan semangat umum dialami oleh semua orang, seperti yang dikatakan oleh banyak orang “saat ekspektasi berhadapan dengan realita”, saat kamu mengalami hal ini besar kemungkinan kamu akan merasa kehilangan semangat atau down. Kondisi ini bisa saja terjadi saat gagal dalam pendidikan, tidak kunjung mendapat pekerjaan, merasa terus-menerus jalan di tempat dan sebagainya, biasanya saat seperti ini kamu mengalami down atau putus asa, kamu bahkan kehilangan motivasi dan ketertarikan pada hal-hal yang biasa kamu kerjakan.

Jika kamu mengalami hal diatas, artikel ini memang untukmu, Nah dibawah akan dibahas bagaimana cara untuk mengembalikan semangat ke dalam hidupmu, simak sampai akhir.

  • Terima kenyataan

Menerima kenyataan memang membutuhkan keberanian dalam diri, karena terasa menyakitkan saat mengakui bahwa diri sendiri telah gagal. Tapi, akuilah pada diri sendiri pada dirimu memang gagal dan membutuhkan istirahat.

Jangan lari dari kenyataan, mungkin kamu membutuhkan bantuan orang lain agar kamu bisa bangkit kembali, akui saja dulu hal itu.

  • Istirahat mental

Apakah kamu tahu istirahat fisik dan mental itu berbeda? Saat kelelahan fisik setelah pergi kesana-kemari untuk mengejar dan mencari pekerjaan atau menemui dosen misalnya, lelah yang seperti ini bisa dihilangkan dengan mengistirahatkan tubuh saja.

Tapi istirahat mental berbeda, kamu tidak perlu pergi ke tempat tidurmu untuk tidur. Kamu bisa mengambil catatan untuk menuangkan perasaan dan pikiranmu di selembar kertas yang sudah kamu bawa. Tidak apa-apa jika kamu menangis dengan menorehkan semua perasaanmu, biasanya kamu akan merasa lebih tenang.

Selain menulis, kamu juga bisa melakukan meditasi atau melakukan hobi lamamu. Lakukanlah hal-hal yang bisa membuat jiwamu tenang dan nyaman saat melakukannya, ini bisa meningkatkan dan mengembalikan mood mu.

  • Berpikir positif

Pikiran yang positif bisa membuat energi positif juga. Tanamkan pada dirimu sendiri bahwa apapun hasil yang sudah terjadi, kamu sudah melakukan yang terbaik, hasil di dunia ini hanya ada dua, negatif dan positif, apapun hasilnya itu sama sekali tidak masalah.

Berpikir positif juga dapat meningkatkan kepercayaan dirimu untuk bisa memulai kembali hal-hal yang telah lalu. Dengan berpikir positif juga kamu membuat mindset yang baik dengan dirimu dan tanpa sadar kamu telah memaafkan dirimu juga.

  • Ingat tujuan hidup

Mengingat kembali apa yang mau kamu lakukan dan yang ingin kamu wujudkan. Tulis kembali hal-hal yang ingin kamu dapatkan, setelah itu buatlah cara yang berbeda dari cara yang kemarin kamu lakukan.

Jangan ubah tujuannya, ubah caranya. Mungkin kamu tidak asing dengan kutipan tersebut, kutipan itu memang benar. Kamu bisa mengubah cara yang lama dan jangan lupa untuk meningkatkan semangat di setiap aktivitas yang akan kamu lakukan.

  • Berhenti memikirkan banyak hal

Terlalu memikirkan sesuatu atau overthinking adalah kebiasaan buruk, karena hal ini akan berdampak pada dirimu dan keseharianmu. Banyak memikirkan sesuatu menjadikan kamu tidak produktif dan terlalu banyak berdiam diri malah terus menjauhkan dirimu dari semangat dan motivasi yang ingin kamu raih.

Jadi, jangan terlalu memikirkan banyak hal, biarkan semuanya berlalu dengan semestinya. Kamu hanya perlu menerima dan mensyukuri hal yang telah lalu dan bersiap untuk hal yang akan datang.

  • Perbanyak waktu sendiri

Kunjungilah tempat yang ingin kamu kunjungi, beli juga hal-hal atau makanan yang kamu inginkan. Beri waktu untuk dirimu sendiri untuk rileks dan melupakan pekerjaan atau tugasmu.

Perbanyak waktu juga untuk mengobrol dengan diri sendiri. Tanyakan pada dirimu sebenarnya hal apa yang sangat kamu sukai. Cobalah juga untuk tertawa dengan diri sendiri jangan terus menangis. Ceritakan dan gali dirimu sendiri, karena ini adalah hal yang menyenangkan. Walaupun banyak orang yang mengaggap aneh orang yang berbicara sendiri, tapi sebenarnya ini memiliki banyak manfaat loh, salah satunya adalah mengenal diri sendiri.

Salah satu cara untuk mengembalikan semnagat hidup adalah dengan mengobati diri sendiri. Jika kamu sudah mendapat energi positif dan sudah berdamai dengan diri sendiri, motivasi dan semangat hidup itu sangat mudah didapatkan karena asalnya memang dari dalam.

 


Komentar